TEMBOK NAGA

 

    Berlika-liku dan berkelok-kelok bagaikan naga yang melintasi gunung dan menyeberangi lembah. Tingginya kira-kira setinggi bangunan bertingkat tinggi. Panjangnya pun luar biasa, yaitu lebih dar 2.410 kilometer. Tidak heran jika ia dinamai Tembok Besar Cina!
    Pada suatu hari, Cina diperintah oleh banyak penguasa. Mereka kerap membangun tembok untuk melindungi negeri dan rakyatnya. Kira-kira 2 ribu tahuin yang lalu, kaisar pertama seluruh daratan Cina memutuskan untuk menyambung sebagian tembok tadi. Ia ingin melindungi Cina terhadap serangan dari utara dan sejak saat itu, pembangunan tembok raksasa pun dimulai. 
    Tembok ini dibuat dari tanah, batu, dan batu bata. Bagian atasnya cukup lebar sehingga dapat digunakan untuk jalan lewatnya pasukan dan penunggang kuda. 
    Bertahun-tahun kemudian, kaisar-kaisar lain memperbaiki dan menambahkan bagian baru pada tembok tersebut. Pembangunan terakhir dilakukan kira-kira empat ratus tahun yang lalu. Sebagian besar tembok raksasa masih berdiri kini. Namun, tembok ini sudah tidak berfungsi sebagai perlindungan karena adanya pesawat yang dapat terbang melintasinya.

0 Comments:

Posting Komentar