KOTA YANG HILANG


    "Kota ini tidak mungkin ditemukan", itulah kata-kata yang keluar dari mulut mereka. Orang-orang pernah mencoba untuk menemukannya, kota yang dibangun suku Indian Inka ratusan tahun lalu, tetapi tidak ada yang berhasil. 
    Suku Indian Inka menguasai Peru lebih dari empat ratus tahun lalu. Konon, mereka membangun kota-kota di dekat puncak gunung. Bertahun-tahun kemudian, orang masih mendengar kisah tentang kota tadi, tapi tak seorang pun dapat menemukannya. 
    Salah seorang pemuda Amerika bernama Hiram Bingham, beberapa kali mencoba menemukan kota ini, sayangnya usaha Hiram masih belum membuahkan hasil. Ia tidak mudah menyerah, Hiram ingin menemukannya meskipun harus mendaki ratusan gunung. Hiram yakin bahwa kota ini ada, maka ia memutuskan untuk membuktikannya.
    Di dekat puncak gunung tersebut, Hiram melihat sesuatu di antara semak belukar. Ya! Itu adalah dinding, bangunan, serta kuil batu, yang merupakan reruntuhan sebuah kota. Hiram pun masuk ke dalam bangunan dari batu besar yang dipasang erat menjadi satu tanpa direkat dengan adukan semen. Yang menghubungkan satu bangunan dengan bangunan lain bukan jalan, melainkan anak tangga.
    Hiram pun tahu pasti bahwa kota yang ditemukannya adalah kota Inka yang hilang, karena cocok dengan keterangan yang dibacanya. Hiram pun menamainya "Machu Picchu" atau "Puncak Tua", sesuai dengan nama puncak gunung terdekat karena tak seorang pun tahu nama kota itu.

0 Comments:

Posting Komentar